KAPAN BISA ANDA GUNAKAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI STRATEGI MENGAJAR?
Pembelajaran berbasis masalah adalah proses belajar dasar manusia dan informasi yang kami peroleh dari konfrontasi kita sehari-hari dengan masalah mempengaruhi kita berpikir lebih dari informasi yang kita telah membaca atau diberitahu (West, 1992). Oleh karena itu, pemecahan masalah harus efektif sebagai strategi pengajaran. Sebuah fitur penting dari masalah kehidupan nyata adalah bahwa mereka biasanya dihadapkan sebelum orang memiliki semua pengetahuan dan / atau keterampilan untuk menyelesaikannya. Dengan demikian, pembelajaran yang terjadi dalam rangka memecahkan masalah sangat jelas terfokus pada kebutuhan yang mendesak. Hal ini sangat berbeda dengan situasi kelas di mana siswa banyak disajikan dengan beberapa informasi baru dan contoh-contoh dan kemudian asker untuk memecahkan "masalah" untuk menunjukkan bahwa mereka telah memahami informasi. Seperti "Masalah" yang jauh lebih baik disebut sebagai latihan.
Sebuah alasan penting untuk memiliki siswa memecahkan masalah adalah untuk membantu mereka mendapatkan wawasan yang akan memungkinkan mereka untuk memahami materi pelajaran dan untuk melihatnya dari perspektif yang berbeda. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat bagi Anda untuk menggunakan pemecahan masalah sebagai strategi pengajaran adalah:
- Bila Anda ingin siswa Anda untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi pelajaran, bukan hanya mengingat potongan-potongan itu (Vernon & Blake, 1993)
- Bila Anda ingin mengembangkan siswa Anda berpikir dan keterampilan-bahwa penalaran adalah, kemampuan mereka untuk menganalisis situasi, menerapkan pengetahuan mereka ke situasi baru, untuk mengenali perbedaan antara fakta dan opini, dan untuk membuat penilaian yang obyektif.
- Bila Anda ingin mengembangkan keterampilan Anda-bahwa pemecahan masalah siswa adalah, kemampuan mereka untuk menilai dan menanggapi situasi baru.
- Bila Anda ingin intelektual menantang siswa Anda
- Bila Anda ingin mendorong siswa untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk pembelajaran mereka sendiri.